CARA SETTINGS AKAR BONKLA

Begini ceritanya... Gambar di atas gua sengaja upload agak banyak, soalnya itu langkah"a juga si sebenernya, supaya lu punya bayangan juga maksud gua, sambil baca" lu juga bisa sambil ngebayangin kan jadinya nanti... Pendek aja si sebenernya penjelasan dari gua... 1. Tentu lu harus ada dulu nih apa" yg gua tulis di bawah : * Kelapa yg udah di prokar ( program akar ), minimal panjang akar -+ 20 sampai 25cm. *Kayu Rasamala, Batu Pasir, Trumbu karang, Fosil kayu, Ranting Pohon Cagak 3 dsb apa aja yg menurut lu bagus buat dudukan Bonkla kita nantinya. *Pot dari bahan apa aja terserah, cuma saran gua jangan yg kecil, minimal 25 atau 30cm lah, biar enak nyetingnya, kaga sempit. * Media tanam, terserah keyakinan klean pada mao apa aja campurannya, kalo saran gua si Tanah Merah, Skam polos atau bakar, pupuk kotoran kambing sm pasir malang. * Dan yg terakhir kopi item ama Roko Samsu, itu kalo gua, kalo lau terserah lah... 2. Langsung ke teknisnya ni ya... Lu tanem dulu aja dudukan Bonklanya di Pot, terus lu siramin dah tuh pagi sore selama 3 hari lah minimal, tujuannya biar si media itu Padet dulu dan ngunci dudukan Bonkla lu nantinya 3. Setelah itu baru mainkan, bongkar Bonkla lu yg udah di prokar seperti yg gua bilang di atas, rontokin semua tanah"a, potong"in akar alus yg tumbuh dari akar utama itu, kalo udah rapih semuanya, tinggal lu taro dah di atas singgasananya, ngerti kan ya maksud gua...? Di dudukannya yg udah kita tanem di pot kl ga sampe... 4. Lu tanem ke tanah untuk akar yg udah panjang, yg udah sampe ke Pot, nah dan yg belum lu bisa prokar dia lagi pake plastik Es, lu isi aja aer, trus lu masukin dah tuh ke akar" yg panjangnya blm sampe ke media tanam, liat gambar yg gua kirim kan, kaya bgitu contohnya 5. Trus jangan lupa, tadi kan tanah" yg nempel di akar lu bersihin tuh, artinya dia telanjang dong tuh si akar, lu lapisin jangan Ampe kaga, pake bahan apa ja, kaos bekas atau semacamnya, semuanya ya, setelah itu baru dah lu tutup keseluruhannya tuh Bonkla, siramin tiap pagi sore kalo bisa, biar kelembapan si akar selalu terjaga, bisa kering kalo ga di gituin bisa", dan menyebabkan kegagalan 6. Udah deh, setiap hari tinggal lu siram"in doang aja, sampe semua akar"a turun ke media tanam,dan kalo akarnya udah sempurna, atau sambil nungguin akarnya sempurna, lu bisa barengan dah tuh sekalian ama settings daunnya, lu sayat sayat santuy ke, atau lu bersih"in ke daun"a terserah. 7. Dan akhirnya si BONSAI KELAPA jadi sempurna sesuai keinginan lau, lau ikutin dia kontes, dan juara 1 tingkat National, halu aja lu... Kwkwkwkwkwkw Semoga bermanfaat... Salam Bonkla Salam Satu Hobi

Komentar

  1. Super sekali tips nya...
    Kebetulan saya punya ladang kelapa ...boleh kita bergabung,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh sangat bisa sekali ko, kapan kita bisa ketemuan untuk sering...??

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer